Headlines News :

IP
Home » » Apa Itu E-Business dan E-commerce

Apa Itu E-Business dan E-commerce

: Posted on - Minggu, Oktober 14, 2012

hackkercinnta - Apa Itu E-Business dan  E-commerce. #E-Business atau Electronic business, dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksinya, salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web yang memanfaatkan jasa dari jaringan internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.Marketspace adalah arena di internet, tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli secara bebas seperti layaknya di dunia nyata (marketplace). Mekanisme yang terjadi di marketspace pada hakekatnya merupakan adopsi dari konsep “pasar bebas” dan “pasar terbuka”, dalam arti kata siapa saja terbuka untuk masuk ke arena tersebut dan bebas melakukan berbagai inisiatif bisnis yang mengarah pada transaksi pertukaran barang atau jasa.
Seluruh perusahaan, tanpa pedulikan ukuran dan jenisnya, dapat menerapkan konsep e-Business, karena dalam proses penciptaan produk maupun jasanya, setiap perusahaan pasti membutuhkan sumber daya informasi. untuk menjalankan dan mengelolanya.


E-Business dibagi dalam beberapa model, yaitu:
  1. Portal
  2. E-tailer.
  3. Lelang.
  4. Barter.
  5. Penyedia Konten.
  6. Komunitas.
  7. Afiliasi
  8. Broker transaksi

Contoh-contoh e-business yang berkembang di Indonesia.
  • www.kaskus.us : sebuah situs berbasis bulletin board service / forum yang diklaim menjadi “no.1 indonesian community”, termasuk juga forum jual dan beli (FJB). Dengan FJB, kaskus telah berkontribusi besar bagi dunia e-bisnis di Indonesia.
  • Oto.co.id : sebuah situs penjualan mobil milik oto multiartha. semenjak meluncurkan Oto.co.id dan menerapkan e-business  dengan mitranya,  angka  penjualannya meledak menjadi  di  atas Rp  1 triliun pada 2000 atau  tumbuh 400% dan membiayai 15 ribu unit mobil. Setahun kemudian meningkat lagi menjadi Rp 1,5 triliun dengan 20 ribu unit mobil. Dengan demikian, E-business  terbukti memperluas pasar dan meningkatkan penjualan.
  • PT. Garuda  Indonesia : dapat  dikatakan  garuda Indonesia merupakan  maskapai  penerbangan terbesar dan terbaik di Indonesia, dan telah menerapkan e-business dalam Supply Chain Management. PT Garuda Indonesia telah menerapkan e-procurement sejak Februari  tahun  2002,  kemudian  diikuti  dengan  tender online (e-auction)  tahun  2003.  Pada September 2003  maskapai penerbangan andalan Indonesia ini berhasil melakukan e-auction untuk pengadaan bahan bakar  jet dengan nilai  transaksi mencapai US$ 54 juta.
  • PT. Rajawali Nusantara Indonesia : PT.  Rajawali  Nusantara  Indonesia (RNI)  juga menerapkan  e-business  terutama untuk  internal business process dan collaboration.  Saat  ini  RNI  menggeluti  beragam  bisnis,  mulai  dari  agro  bisnis untuk bahan mentah seperti gula, minyak kelapa sawit, kulit, teh dan karet, pabrik farmasi,  hingga  perdagangan  peralatan  kesehatan.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------ 

#Electronic commerce, yang umum dikenal sebagai e-commerce atau e-comm, adalah pembelian dan penjualan produk atau jasa melalui sistem elektronik seperti internet dan jaringan komputer lainnya. Electronic commerce mengacu pada teknologi seperti transfer dana elektronik, manajemen rantai suplai, pemasaran Internet, proses transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), sistem manajemen persediaan, dan sistem pengumpulan data otomatis. Perdagangan elektronik modern biasanya menggunakan World Wide Web setidaknya di satu titik dalam siklus hidup-transaksi itu, meskipun mungkin mencakup lebih luas teknologi seperti e-mail, perangkat mobile dan telepon juga.
Electronic commerce umumnya dianggap sebagai aspek penjualan e-bisnis. Hal ini juga terdiri dari pertukaran data untuk memfasilitasi pembiayaan dan pembayaran aspek dari transaksi bisnis.

E-commerce dapat dibagi menjadi.
E-tailing atau “etalase virtual” di situs Web dengan katalog online, kadang-kadang berkumpul menjadi “mal virtual”
Pengumpulan dan penggunaan data demografis melalui kontak Web
Electronic Data Interchange (EDI), pertukaran bisnis-ke-bisnis data
E-mail dan faks dan penggunaannya sebagai media untuk menjangkau prospek
dan
pelanggan ditetapkan (misalnya, dengan newsletter)
Bisnis-ke-bisnis jual beli
Keamanan transaksi bisnis

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah sebagai berikut:
  • Dokumen otomatisasi dalam rantai suplai dan logistik
  • Domestik dan internasional sistem pembayaran
  • Perusahaan manajemen konten
  • Grup membeli
  • Otomatis online asisten
  • Instant messaging
  • Newsgroup
  • Belanja online dan pelacakan pesanan
  • Online banking
  • Online office suite
  • Keranjang belanja perangkat lunak
  • Telekonferensi
  • Elektronik tiket

Ada juga Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) didirikan pada tahun 1989 dengan visi untuk mencapai stabilitas, keamanan dan kemakmuran untuk wilayah melalui perdagangan bebas dan terbuka dan investasi. APEC memiliki Kelompok Electronic Commerce stearing serta bekerja pada peraturan privasi umum di seluruh kawasan APEC.

Kontemporer elektronik commerce melibatkan segala sesuatu dari memesan “digital” konten untuk konsumsi langsung secara online, untuk memesan barang dan jasa konvensional, untuk layanan “meta” untuk memfasilitasi jenis perdagangan elektronik. Pada tingkat institusional, perusahaan-perusahaan besar dan lembaga keuangan menggunakan internet untuk bertukar data keuangan untuk memfasilitasi bisnis domestik dan internasional. Integritas data dan keamanan adalah masalah yang sangat panas dan mendesak untuk perdagangan elektronik.


Global yang tren.
Bisnis model di seluruh dunia juga terus berubah drastis dengan munculnya e-commerce dan perubahan ini tidak hanya terbatas ke Amerika Serikat. Negara-negara lain juga berkontribusi terhadap pertumbuhan e-commerce. Misalnya, Inggris memiliki pasar e-commerce terbesar di dunia bila diukur dengan jumlah yang dibelanjakan per kapita, bahkan lebih tinggi dari Amerika Serikat. Ekonomi internet di Inggris kemungkinan akan tumbuh sebesar 10% antara tahun 2010 sampai 2015. Hal ini telah menyebabkan perubahan dinamika untuk industri periklanan.
Di antara negara-negara berkembang, e-commerce keberadaan China terus berkembang. Dengan 384 juta pengguna internet, penjualan online China belanja naik menjadi $ 36,6 milyar di tahun 2009 dan salah satu alasan di balik pertumbuhan besar telah menjadi tingkat kepercayaan ditingkatkan untuk pembeli. Para pengecer Cina telah mampu membantu konsumen merasa lebih nyaman belanja online. E-Commerce juga memperluas di seluruh Timur Tengah. Setelah mencatat pertumbuhan tercepat di dunia dalam penggunaan internet antara tahun 2000 dan 2009, wilayah ini sekarang rumah bagi lebih dari 60 juta pengguna internet. Ritel, perjalanan dan game merupakan segmen atas wilayah eCommerce, terlepas dari kesulitan seperti kurangnya daerah-lebar kerangka hukum dan masalah logistik di lintas-perbatasan transportasi E-Commerce. Telah menjadi alat penting untuk bisnis di seluruh dunia tidak hanya untuk menjual kepada pelanggan tetapi juga untuk melibatkan mereka.
Dampak terhadap pasar dan pengecer

Para ekonom telah berteori bahwa e-commerce harus mengarah pada persaingan harga diintensifkan, karena meningkatkan kemampuan konsumen untuk mengumpulkan informasi tentang produk dan harga. Penelitian oleh empat ekonom di University of Chicago telah menemukan bahwa pertumbuhan belanja online juga mempengaruhi struktur industri di dua wilayah yang telah melihat pertumbuhan yang signifikan dalam e-commerce, toko buku dan agen-agen perjalanan. Umumnya, perusahaan besar telah tumbuh dengan mengorbankan yang lebih kecil, karena mereka dapat menggunakan skala ekonomi dan menawarkan harga yang lebih rendah. Pengecualian tunggal untuk pola ini telah menjadi kategori sangat terkecil dari toko buku, toko-toko dengan antara satu dan empat karyawan, yang tampaknya telah bertahan tren.

Saluran distribusi.
E-commerce telah tumbuh dalam pentingnya sebagai perusahaan telah mengadopsi Pure-Klik dan Brick dan klik sistem saluran. Kita dapat membedakan antara murni-klik dan batu bata dan klik sistem saluran diadopsi oleh perusahaan.

Pure-Klik perusahaan adalah mereka yang telah meluncurkan sebuah website tanpa keberadaan sebelumnya sebagai perusahaan. Sangat penting bahwa perusahaan tersebut harus menyiapkan dan mengoperasikan e-commerce mereka website sangat hati-hati. Layanan pelanggan adalah sangat penting. Bata dan Klik perusahaan perusahaan-perusahaan yang ada yang telah menambahkan sebuah situs online untuk e-commerce. Awalnya, Brick dan Klik perusahaan yang skeptis apakah atau tidak untuk menambah saluran e-commerce secara online karena takut menjual produk mereka bisa menghasilkan konflik saluran dengan off-line mereka pengecer, agen, atau toko mereka sendiri. Namun, mereka akhirnya menambahkan internet untuk portofolio saluran distribusi mereka setelah melihat berapa banyak bisnis pesaing online mereka menghasilkan.


Sumber :
http://id.wikipedia.org/
http://www.kaskus.us/
Dengan pengubahan

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Views


 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌
hackkercinnta.blogspot.com © 2011 | All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
ABOUTCONTACTDISCLAIMERPRIVACY POLICYTERMS
Proudly powered by Blogger